pentingnya-backup-data-website 6July 2021

5 Alasan Pentingnya Backup Data Website

Pentingnya Backup Data WebsiteBackup data website merupakan salah satu cara yang banyak digunakan oleh para pemilik website untuk mengatasi dan menghindari “gangguan”. Backup sendiri adalah sebuah proses menduplikasi atau menyalin data ke media penyimpanan backup data.

Ada banyak hal yang dapat mengganggu kinerja atau bahkan merusak website. Baik terjadi secara sengaja maupun tidak sengaja. Bagi website yang tidak digunakan untuk keperluan bisnis. Hal seperti ini mungkin tidak akan terlalu merugikan mereka. 

Akan tetapi bagaimana jika hal tersebut menimpa website yang diperuntukan untuk bisnis? Tentunya pemilik website tersebut akan mengalami kerugian yang relatif besar. Akibat website yang digunakannya down.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kalian mulai melakukan perencanaan backup data website kalian. Mengapa harus backup data? Berikut ini adalah 5 alasan pentingnya mengapa kita harus melakukan backup data pada website yang kita miliki agar aman.

 

5 Alasan Pentingnya Melakukan Backup Data Website

  1. Human Error

Setiap manusia pastinya pernah melakukan kesalahan. Baik itu dilakukan secara sadar maupun tidak sadar. Kesalahan manusia atau yang biasa disebut dengan human error ini sudah sangat umum terjadi. Baik dalam hal pekerjaan, maupun dalam hal lainnya. 

Kejadian human error ini tentunya bisa saja menimpa website kalian. Contohnya, bisa saja kalian atau salah satu karyawan kalian salah dalam melakukan perubahan pada website atau salah dalam menghapus data website. Jika hal ini terjadi bagi kalian yang sudah melakukan backup data. Tentunya bukan masalah yang besar.

Akan tetapi, bagaimana jika hal tersebut terjadi dan kalian tidak memiliki backupan data website kalian? Pusing? Panik? Bingung? Pastin hal tersebut yang akan kalian rasakan.

 

  1. Website Kena Hack

Faktanya belakangan ini sering kali bermunculan berita mengenai website yang kena hack. Entah itu website milik pemerintahan, website pribadi, maupun website perusahaan. Banyak sekali hal-hal yang dapat menyebabkan website kena hack. Salah satunya adalah penggunaan template maupun plugin bajakan.

Memulihkan website yang kena hack biasanya membutuhkan waktu yang relatif lama. Tergantung dari apa yang telah diperbuat oleh hacker tersebut kepada website kalian. Semakin banyak hacker melakukan perubahan atau perusakan pada file website kalian. Maka akan semakin lama pula waktu untuk memperbaiki websitenya.

Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki website. Artinya akan semakin besar juga kerugian yang akan kalian alami. Semakin banyak juga konsumen yang tidak jadi membeli atau melakukan transaksi di website kalian. 

 

  1. Media Penyimpanan Rusak

Meskipun kita memiliki atau menggunakan media penyimpanan data yang mahal atau dari brand yang terkenal. Bukan berarti media penyimpanan tersebut tidak akan rusak ya. Sejatinya, yang namanya teknologi tentunya dapat rusak. Akan tetapi kerusakan tersebut tidak akan bisa kita prediksi kapan terjadinya.

Untuk itu, sangat disarankan jika kalian memiliki 2 atau lebih media penyimpanan data sebagai penyimpanan cadangan. Tujuannya apa? Tentunya untuk mencegah terjadinya data hilang atau corrupt akibat media penyimpanan data yang rusak.

DataBackup sangat menyarankan kepada para klien nya untuk menyimpan hasil backupan data websitenya ke berbagai media penyimpanan yang dimiliki, bisa hardisk eksternal, server storage seprti QNAP NAS maupun Synology NAS. Tujuannya sudah pasti untuk menghindari kemungkinan hal-hal buruk seperti diatas.

 

  1. Dapat Digunakan Sebagai Version Control

Secara singkat version control merupakan sebuah sistem pengelolaan berbagai revisi terkait dengan perubahan informasi atau data. Bisa dari suatu dokumen, kode sumber, maupun informasi atau data yang lainnya, yang disimpan pada media penyimpanan data.

Jadi, jika kalian melakukan kesalahan ketika melakukan update maupun revisi terkait website kalian. Kalian masih bisa kembali ke versi sebelumnya. Dengan begitu, kalian tidak perlu khawatir jika terjadi kesalahan ketika melakukan update major maupun minor pada website kalian.

 

  1. Terkena Serangan Virus atau Malware

Serangan virus atau malware bisa dibilang berbeda dari serangan hacker. Virus atau malware ini dapat menyusup ke dalam website kalian secara “diam-diam”. Jika kita melihat masa lalu tentang berita virus ransomware. Kalian pastinya akan langsung menyadari maksud kami tentang Alasan Penting Melakukan Backup Data Website, pada poin ke 5 ini.

Di posting oleh admin 0 Lebih Lanjut

Leave a Reply